Tuesday, February 2, 2021

JAUHILAH DARI MENCARI KEAIBAN GURU

Jauhilah dari mencari keaiban guru.

《 اللهم استر عيوب معلمينا عنا ولا تذهب بركة علومهم منا 》

وكان الامام الشعراني رحمه الله إِذَا خَرَجَ لِلدَّرْسِ لِيَقْرَأَ عَلَى شَيْخِهِ يَتَصَدَّقُ عَنْهُ فِي الطَّرِيْقِ بِمَا تَيَسَّرَ، وَيَقُوْلُ: اللهم اسْتُرْ عَنِّي عَيْبََ مُعَلِّمِيْ حَتَّى لاَ تَقَعَ عَيْنِيْ لَهُ عَلَى نَقِيْصَةٍ وَلَا يُبَلِّغُنِي ذَلِكَ عَنْهُ أَحَدٌ. (المنهج السوي، ص 220)

Imam Sya’rani ketika akan berangkat belajar kepada gurunya, beliau selalu bersedekah semampunya di jalan tempat dia berlalu, seraya berdo’a: “Ya Allah, Jangan perlihatkan kepadaku aib guruku agar mataku tidak melihat pada kekurangannya dan jangan sampai ada seorangpun yang memberitahu tentang cela guruku tersebut.” (Al-Mahaj al-Sawi,hal. 220).

Imam Assyafi'i berkata :

كنت أتصفح الورق بين يدي مالك برفق, لئلا يسمع وقعها

Aku membuka lembaran buku di depan Imam Malik (guru) dengan pelan-pelan supaya beliau tidak mendengar bunyi dari lembaran bukuku. [Sholeh Ahmad Al-Shami, Mawaidh al-imam al-Syafii].

Sebagian ulama mengatakan :

سبعون في مائة أن العلم ينال بسبب قوة الرابطة بين المريد و شيخه.
70% Ilmu akan di dapat dengan kuatnya hubungan / ikatan antara murid dan gurunya. (Al-fawaid al-mukhtaro, hl 40).

Di sebutkan dlm kitab adab sulukil murid karya imam Abdullah bin Alawi Al-Haddad :

إذا رأيت المريد ممتلئا بتعظيم شيخه و إجلاله مجتمعا بظاهره و باطنه على اعتقاده وامتثاله والتأدب بآدابه فلا بدّ أن يرث سره أو شيئا منه إن بقي بعده.

"Jika engkau melihat seorang murid hatinya penuh dg pengagungan terhadap gurunya, berkumpul dalam perlakuan zahir dan bathin nya untuk berkeyakinan kuat, menuruti gurunya dan beradab dgn adab gurunya maka pasti ia akan mewarisi rahsia ilmu gurunya atau sesuatu yg ada pada gurunya jika ia hidup setelah gurunya".

Semoga kita semua di beri Taufiq oleh Allah SWT dgn ini semua.

Ya Allah.. sebagai mana engkau beri kami nikmat berkumpul dan berguru Kpda orang2 Alim dan Solih maka berikan kami pula Adab kepada mereka.. Aamiin..

No comments:

Post a Comment